cover
Contact Name
Dhi Bramasta
Contact Email
jurnal.jrpd@ump.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jrpd@ump.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202, Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
ISSN : -     EISSN : 27238660     DOI : http://dx.doi.org/10.30595/jrpd
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum 5. Manajemen Pembelajaran 6. Pendidikan Inklusi 7. Pengembangan Sumber, Media, Buku, dan Modul
Articles 6 Documents
Search results for , issue "JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021" : 6 Documents clear
Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Nyi Mulyanah; Ana Andriani
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.9229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan dan profesionalitas  guru dalam penggunaan aplikasi google pada  pembelajaran daring untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di Korwilcam Dindik Somagede Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan metode Mixed Methods sedangkan model penelitiannya Sequential Expplonatory. Realitas empirik memperlihatkan bahwa kondisi saat ini sangat meprihatinkan menurunnya  kualitas pembelajaran di sekolah saat ini dengan pola  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Beberapa penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan alat/media yang dimiliki sekolah, kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan alat/media seperti  laptop; akses internet yang kurang mendukung untuk kelancaran pembelajaran daring; tidak semua siswa memiliki smartphone. Berdasarkan  analisis kebutuhan  86,7% dari 214 guru setuju untuk dilaksanakan bimbingan dan pelatihan penggunaan google (google form, google classroom, google drive, dan google meet). Penggunaan aplikasi google dalam PJJ guru berperan sebagai motivator, fasilitator, mediator, dan komunikator. Kemampuan guru dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google meningkat,  jumlah peserta yang mengikuti bimlat sebanyak 120 orang, semua peserta mendapatkan sertifikat kelulusan. Melihat hasil lulusan tersebut dapat dinyatakan berhasil  untuk  program diklat penggunaan aplikasi google.
Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas III Sekolah Dasar Octaviani Dwi Wiranti; Andarini Permata Cahyaningtyas; Jupriyanto Jupriyanto
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8767

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai.  Langkah ini dilatar belakangi oleh kurangnya instrumen penilaian dan tidak adanya pedoman khusus untuk menilai keterampilan menggambar dan mewarnai untuk siswa kelas III. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai yang valid dan layak digunakan oleh guru dalam proses penilaian muatan pembelajaran SBdP khususnya pada seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan desain penelitian yang mengacu pada desain penelitian Brog and Gall yang dilakukan dengan 10 tahap  penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian yang  terdiri dari Kisi-kisi Instrumen Penilaian, Lembar Kerja Siswa, Lembar Penilaian, dan Rubrik Penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitan ini antara lain (1) Hasil validasi ahli  mendapatkan kriteria “Sangat Tinggi” dengan nilai koefisien rata-rata sebesar 0,864 dengan rincian skor untuk kisi-kisi sebesar 0,920, lembar kerja siswa adalah 0,812, lembar penilaian mendapat skor 0,884 dan untuk rubrik penilaian skornya adalah 0,840. (2) Hasil ujicoba skala terbatas dari respon guru adalah 81,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap lembar kerja siswa mendapatkan 98% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Hasil ujicoba skala luas mendapatkan skor sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil ujicoba berskala luas dari respon siswa mendapatkan skor sebesar 100% yang masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uraian data diatas maka instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai siswa kelas III dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan Buku Membaca Permulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar Nur Aula Setyowati; Sari Yustiana; Nuhyal Ulia
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8778

Abstract

Penelitian berfokus kepada pengembangan sebuah buku pedoman sebagai pendamping buku guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Kurangnya ketersediaan buku pendamping membuat guru mengalami kesulitan dalam  mengajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan buku membaca permulaan berbasis metode global serta untuk mengetahui kelayakan buku membaca permulaan berbasis metode global sebagai buku pendamping guru kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan oleh penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, vaidasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Muktiharjo Lor, SDN 02 Tlogoharum dan MI Yayasan Silahul Ulum. Pada tahap uji validasi diperoleh hasil 0,78333 dengan kategori Valid. Pada tahap respon guru dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 84,6% dengan kategori sangat baik. pada tahap respon siswa dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 79% dengan kategori baik dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 menunjukkan produk buku efektif digunakan dalam pembelajaran.
Implementasi Instrumen Penilaian Berbasis Macromedia Flash dalam Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok di Kelas V SDN Depok 01 Mushthofiyah Mushthofiyah
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8803

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari adanya kebiasaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen penilaian klasik di Sekolah Dasar Negeri Depok 01 Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penelitian fokus melaksanakan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok serta mencari hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash di SDN Depok 01.  Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan implementasi dan memberi pengetahuan hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01. Desain penelitian merupakan deskriptif kualitatf yaitu penelitian menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok menggunakan instrumen penilaian berbasis macromedia flash yang dilakukan oleh sumber data primer yaitu guru dan siswa kelas V, wawancara dengan sumber data, lalu didokumentasikan dalam bentuk gambar/foto dan catatan lapangan. Keabsahan data penelitian menggunakan uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), dan uji dependability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pemebelajaran volume kubus dan balok di kelas V SDN Depok 01 berjalan sangat baik. Dalam mengimplementasikan instrumen penilaian berbasis macromedia flash pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01 berakibat kurang baik dalam memenuhi syarat alat evaluasi yang baik. Beragam pendapat dari guru kelas V SDN Depok 01 sesuai dengan teori mengenai pelaksanaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok. Hasil implementasi dapat diketahui berdasarkan aspek dari guru, siswa, dan sekolah sesuai situasi sosial penelitian.
Implementasi Model IDEAL Problem Solving Berbantuan Media “Beko” Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Keliling dan Luas Lingkaran Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Evi Kurniasih
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.9540

Abstract

Best practise ini dilatarbelakangi karena rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Best practise ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran dengan mengimplementasikan model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam. Best practice dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes (tes tertulis) dan teknik nontes (observasi, jurnal, dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil best practise yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” berlangsung dengan baik. Sebelum dilakukan tindakan, data awal menunjukkan bahwa rerata kelas 66 dengan persentase ketuntasan belajar 36% (9 siswa). Setelah dilakukan tindakan, rerata kelas meningkat menjadi 81 dengan persentase ketuntasan belajar 88% (22 siswa). Prestasi belajar siswa dapat dikategorikan sebanyak 7 siswa ( 28%) kategori amat baik, 10 siswa (40%) kategori baik, 5 siswa (20%) kategori cukup, dan terdapat 3 siswa (12%) pada kategori kurang. Berdasarkan hasil best practice, implementasi model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam.
Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri Karangrena 03 Kurnia Dwi Setyaningsih; Karma Iswasta Eka; Badarudin Badarudin
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 2 Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.8365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SDN Karangrena 03. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua atau wali murid. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: 1) Pembelajaran jarak jauh di SDN Karangrena 03 dilaksanakan menggunakan metode daring dan luring, strategi yang diterapkan oleh guru yaitu menggunakan teknologi dengan media PJJ melalui Whatsapp group. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu guru mempersiapkan perencanaan yang matang dalam melaksanakan PJJ, adanya dukungan fasilitas internet dari sekolah, dan guru serta orang tua dapat memanfaatkan teknologi untuk komunikasi tanpa adanya kendala waktu. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu sebagian besar orang tua tidak bisa selalu mendampingi peserta didik dalam belajar karena memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, tugas yang diberikan guru memerlukan penjelasan lebih, dan motivasi belajar peserta didik menjadi menurun.

Page 1 of 1 | Total Record : 6